• [Terbaru] Menikmati Jakarta dengan Traveloka Xperience Klik Disini

Monday, 6 August 2018

Menjadi Lebih Produktif dengan Printer A3 Inktank Brother



Dulunya printer bagi saya merupakan perangkat yang ribet dan paling sering ngambek. Alasannya sederhana, jarang sekali ada printer saya yang tahan lama. Terakhir kali saya membeli printer saat sibuk-sibuknya menyusun tugas akhir saat masih kuliah strata satu. Itupun tidak lama setelah dibeli persoalan muncul satu demi satu, yang paling sering sih permasalahan pada cartridgenya. 

Saya masih ingat betapa ribetnya saat pertama kali mengisi ulang tinta ke cartridge, ada satu kondisi dimana agar akhirnya bisa mencetak dengan baik saya perlu membuang banyak kertas karena berhamburnya tinta yang keluar saat mencetak, ini juga mungkin sebabnya karena tidak ahlinya saya berhadapan dengan cartridge, hehe. Selain itu file saya kadang juga tak bisa tercetak dengan sempurna, kadang tulisannya berbayang kadang malah kosong sama sekali. Alhasil harus terus dicetak ulang hingga normal, begitu boros di kertas dan tinta. 

Pada kondisi tersebut, misalpun saya ingin membuat hasil cetakan jadi lebih baik, saya mesti meningkatkan kualitas cetakannya ke yang high Quality, namun masalahnya disini butuh waktu yang lebih lama dari biasanya untuk mencetak tiap lembarnya. Bayangkan bila kita harus mencetak file beratus-ratus lembar, berapa lama waktu yang kita butuhkan agar file kita tercetak dengan baik?. 

Ada satu hal yang saya tidak bisa lupakan hingga sekarang, yaitu saat laptop saya kemudian rusak beberapa hari sebelum ujian akhir. Disini saya mulai kewalahan tidak tahu bagaimana cara menggunakan print saya lagi karena bagaimanapun untuk mencetak kita perlu bantuan komputer sebagai perangkat pembantu. Sehingga saya memilih menganggurkannya saja. Jadilah saya menggunakan jasa print-an yang biayanya tidak murah mengingat tugas akhir saya ada ratusan lembar dan mesti dicetak beberapa rangkap. 

Ada sekitar satu atau dua minggu setelah printer saya dianggurkan, saya kemudian mencoba menggunakan printer saya ini kembali, namun sedihnya tidak lagi berfungsi. Saya tidak tahu pasti apa penyebabnya, dugaan saya mungkin ada kerusakan pada cartridgenya. Karena malas ke tempat servis dan memang telah jarang digunakan, jadilah printer saya masukkan kembali ke dusnya dan tidak pernah terpakai lagi sampai sekarang. 

Saya yakin permasalahan dengan printer mungkin bukan hanya saya yang mengalami, hal ini umumnya juga dirasakan pengguna printer lain. Membuktikan hal ini saya sempat mencoba membuat poling sederhana di sosial media terkait perangkat teknologi apa yang paling mudah rusak menurut mereka, hasilnya printer memang urutan pertama perangkat teknologi yang mudah rusak. 




Kurang dari sebulan lagi, bila tidak ada halangan saya akan melanjutkan pendidikan strata dua di universitas negeri di Ibukota. Dimana tugas-tugas kuliah, berkas-berkas penelitian dan juga tesis nantinya akan sangat membutuhkan dukungan printer yang berkualitas prima. Berkaca dengan permasalahan yang pernah saya alami, saya tidak boleh lagi sembarangan memilih printer, perlu ada standar khusus yang mumpuni untuk ini. 

Standar khusus yang mumpuni bisa dilihat dari beberapa segi, pertama dari segi ketahanan sehingga tidak gampang rusak, kedua dari segi kualitas cetakannya sehingga dapat menghasilkan cetakan yang baik, serta ketiga dari segi praktisnya, salah satunya apakah printer dapat bekerja dengan atau tanpa komputer. Untungnya untuk persoalan ini, saya telah menemukannya jawabannya. 


Sebelum saya membahas solusi atas persoalan tadi diatas, untuk dapat dikatakan sebagai sebuah printer berkualitas baik, printer juga perlu mampu mendukung produktifitas berbagai profesi di berbagai bidang. Dimana ini berarti dibutuhkan printer dengan inovasi yang bisa memberi kemudahan terhadap berbagai profesi ini. Sebagai contoh pegawai atau karyawan yang tiap harinya berjibaku dengan deadline dokumen laporan kerja maupun surat-surat pastinya membutuhkan dukungan printer yang mampu mencetak file dengan cepat. Kemudian juga buat pelaku bisnis advertising, architecture and design, hingga marketing yang tiap harinya paling sering berhadapan mesin cetakan untuk mencetak file iklan, produk dan lain sebagainya, tentu membutuhkan printer yang mampu tetap prima meski bekerja secara massal dan terus menerus.



Adalah Printer A3 Inktank yang merupakan karya PT. Brother International yang membuat saya begitu tertarik saat mengetahui keunggulan yang dimilikinya. Brother Indonesia sendiri merupakan perusahaan IT yang telah mengembangkan banyak produk printer yang berkualitas, yang paling terbaru 2 tipe ink tank printer yang diluncurkan pada 5 Juli yang lalu. 


Melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskan dua tipe ink tank printer yang dimaksud, yang mungkin akan dapat menjelaskan mengapa kita membutuhkan salah satu dari kedua tipe printer ini, yakni ada tipe HL-T4000DW dengan fungsi print only dan tipe MFC-T4500DW dengan fungsi print, scan, copy dan fax. Oh iya, mengenai spesifikasi lengkap bisa dilihat pada infografis berikut. 


Melanjutkan penjelasan saya mengenai kedua tipe ink tank printer ini, ada banyak keunggulan yang dimiliknya yang dapat mengubah pandangan banyak orang mengenai printer selama ini. Keunggulan-keunggulan tersebut adalah seperti berikut ini: 

Biaya Jadi Lebih Efisien 

Seperti yang telah saya curhatkan tadi di awal mengenai pengalaman saya dulu tentang mahalnya mencetak file yang beratus-ratus lembar, keberadaan ink tank printer ini dapat menjadi solusi agar cetakan kita yang banyak dapat lebih efisien dari segi biaya, dimana untuk satu botol tinta isi ulang memiliki kemampuan mencetak hingga 6500 halaman untuk tinta hitam dan 5000 halaman untuk tinta warna pada kertas ukuran A4. Bagi yang berprofesi sebagai marketing yang perlu mencetak produk ataupun promo secara massal, printer ini tentulah cocok. 

Selain itu, kita bahkan bisa menghemat hingga 50 persen penggunaan kertas dengan adanya fitur pencetakan dua sisi secara otomatis, jadi kita bisa memanfaatkan halaman kertas yang masih kosong sehingga tidak lagi perlu membuang-buang banyak kertas. Selain itu dengan printhead yang kuat dengan laminasi stainless steel dan teknologi Piezoelectric Ceramic mampu mebuat mesin hidup lebih lama dan mengurangi frekuensi perbaikan atau servis yang memakan biaya. 


Lebih Mudah Digunakan 

Bila selama ini kita seringkali dengan begitu ribet mengisi tinta ke cartridge, dengan ink tank printer Brother kita bisa dengan mudah mengisi tinta, yakni cukup dengan melirik tutup tempat tinta yang transparan. Nah, bagi yang tidak begitu mahir mengisi tinta cartridge seperti saya, ini tentunya akan sangat membantu. 


Selain itu kemudahan lain yang ditawarkan kedua tipe ink tank printer ini juga ada pada paper handlingnya yang komprehensif, dimana mampu menampung berbagai macam variasi kertas. Untuk standard-paper tray mampu menampung sebanyak 250 lembar dan multi-purpose tray sebanyak 100 lembar. 

Kemudahan lainnya khususnya untuk tipe MFC-T4500DW, kita dapat melakukan scan, copy, dan fax bahkan untuk banyak halaman sekaligus dengan adanya automatic document feeder yang dapat memuat hingga 50 lembar. 

Produktifitas Lebih Tinggi 

Dengan kemampuan mencetak berkecepatan tinggi, kedua Ink Tank Printer Brother ini mampu meningkatkan produktivitas kerjaan di berbagai industri, karena mampu mencetak 22/20 lembar permenit untuk gambar dan 35/27 halaman permenit untuk file biasa. Hebatnya dengan kemampuan mencetak cepat ini, Ink Tank Printer Brother tetap dapat mempertahankan kualitas cetakan hingga resolusi cetak 1200x4800 dpi. Bagi yang berprofesi di industri advertising ataupun logistik dan architecture and design kedua tipe printer inktank brother ini tentunya akan sangat membantu. 


Konektifitas Fleksibel 

Saya sendiri sebenarnya salah satu yang tidak menyukai melihat begitu banyak kabel yang biasanya saling tumpang tindih di atas ataupun dibawah meja, sehingga kadang untuk laptoppun saya lebih memilih mengecasnya hingga penuh terlebih dulu sebelum kemudian menggunakannya. Nah salah satu kemampuan yang dimiliki Ink Tank Printer Brother adalah kita tetap dapat menggunakannya dengan ataupun tanpa dihubungkan dengan kabel, yaitu cukup dengan melalui jaringan wifi.

Kemudian bagi yang lebih suka hal yang lebih praktis lagi, dengan Ink Tank Printer Brother kita dapat mencetak langsung dari smartphone kita, cukup dengan mengunduh salah satu aplikasi iPrint dan Scan Brother, Airprint, Mopria, atau Google Cloud Print di App Store dan Play Store. Selain itu kita juga dapat mencetak langsung melalui USB melalui port akses dari depan.


Praktis dan Aman Digunakan 

Bagi yang telah sering menggunakan printer, pasti sering kan menemui printer yang tiba-tiba error dan tidak tahu sebabnya kenapa. Nah di Ink Tank Printer Brother kita bakal mengetahui dengan pasti masalah pada printer kita dengan adanya notifikasi sekaligus solusi menyelesaikan masalah ini dengan cepat melalui on screen guide di layar lcd 27” touchscreen yang juga dibekali pada kedua tipe ini.


Kemudian sebagai pengamanan, kita bisa mengelola akses printer dan autentikasi login melalui central management system dengan active directory dan user authentication. Dalam sistem ini pula terdapat fitur secure function lock untuk mengontrol penggunaan bersama atau individu dengan mengizinkan administrator untuk membatasi fungsi cetak. 


Mengakhiri artikel ini, tidak salah bila dikatakan Printer A3 Inktank produksi PT Brother Indonesia merupakan printer terbaik yang memiliki kemampuan mumpuni dalam menunjang produktifitas kerja bahkan mendongkrak daya saing, baik dalam dunia pendidikan, bisnis advertising, architecture, design, logistik maupun marketing. Lebih lanjut perusahaan IT yang telah mengembangkan Printer Inktank A3 ini juga akan terus berupaya memberikan inovasi-inovasi lain dalam meningkatkan produktifitas kerja melalui produk printer berkualitas mereka. Nah bagi yang tertarik dengan kedua tipe printer ini, anda bisa mendapatkannya dengan mengklik lebih lanjut ke brother.co.id. Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel saya ini semoga di lain kesempatan ada produk lainnya lagi yang tak kalah menarik yang dapat kita review. Semoga selalu sehat dan sampai jumpa. 



Referensi:



Comments
14 Comments

14 comments:

  1. Wah bener banget nih. Sama persis seperti yg kualami dulu sama printerku. Harus lebih teliti memilih printer supaya ga ada lagi drama-drama serupa. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya bner bgt mba yun... Nah, Printer A3 Brother ini bisa jadi solusi.

      Delete
    2. aku juga sering ngalamin kak yunida ... stres banget apalagi kalo deadline ...

      Delete

  2. Wah..tulisan yang informatif nih. Saya juga sering mengalami kesulitan dalam merawat printer, alhasil printernya saya anggurin. Karena tidak dipakai menyebabkan tidak adanya elektron yang mengalir sehingga beberapa part printer mungkin teroksidasi dengan oksigen di udara. Sehingga printernya kini benar-benar tidak berfungsi.

    Nah..setelah baca artikel ini jadi tau ternyata ada loh printer canggih dengan prosedur pemakaian yang lebih mudah. Yang membuat tergiur adalah kelebihannya dimana untuk satu botol tinta isi ulang memiliki kemampuan mencetak hingga 6500 halaman untuk tinta hitam dan 5000 halaman untuk tinta warna pada kertas ukuran. Keren banget.

    Ink Tank Printer memang canggih, praktis, dan memahami betul penggunaanya dengan layanan tanpa kabel serta terkoneksi ke handphone.

    Nice information

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bner bgt wan.. nah ini, karena ga ada elektron yang mengalir ya makanya banyak part yg rusak. Mantap analisanya wan, anak kimia mmg hebat2...

      Delete
    2. sepertinya kak wanda paham banget ya prosesnya sampai ke elektrok ... btw jurusan apa kak wanda kuliahnya?

      Delete
  3. makasi k win sdh share info ini, kebetulan lagi nyari printer untuk awal kuliah yg handal dan gak rewel. btw harga printer ini berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..Iya bro, mahasiswa s2 mah wajib punya printer bagus kek gini..

      Delete
  4. setelah ngebaca ini Ane jadi penasaran dengan tinta da printer brother, coba ah ntar ane cek ke TKP. nais info Sob

    salam blogger dan salam HOKI

    ReplyDelete
  5. masalah yang sering banget gue temuin juga nih.. udah 4 printer selama kuliah rusak entah kenapa, padahal harganya murah -,- alhasil tabungan bocor hanya buat bolak balik service printer yang dua tiga kali pake rusak lagi..

    setelah baca ini kayaknya emang harus berpaling dari merk-merk sblmnya,,
    thanks infonya ..

    ReplyDelete
  6. Keren mas reviewnya, mantap nih printernya, bisa ngebantu maslah2 klasik sama printerku yang sering ngadat

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah terima kasih mas/mba. senang bisa membantu

      Delete

Orang baik meninggalkan pesan