• [Terbaru] Inilah Laptop Premium Paling Ringkas di Dunia Klik Disini

Monday, 9 July 2018

Show The World, We Are As Bright As The Sun



Saat Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pesta olahraga Asian Games ke-18 pada 2014 yang lalu, saya mungkin menjadi salah satu dari sekian juta masyarakat kita yang begitu antusias, tidak sabar menunggu berlangsungnya pagelaran pesta olahraga akbar seantero Asia di negeri ini. Segala bentuk informasi mengenai hal inipun menjadi begitu berharga bagi saya, baik kesiapan venue yang akan digunakan saat perhelatan dan bagaimanakah kreatifitas, inovasi, dan prestasi yang akan kita tunjukkan. Ini penting sebagai momentum mewujudkan kebanggaan sebagai bangsa yang besar.

Terkadang ada rasa ketidakpuasan tersendiri bagi saya mengapa berdasarkan data diberbagai sektor kita masih tertinggal dengan negara tetangga yang merdeka belakangan dibanding kita. Kita kalah saat kita membahas perbandingan kualitas infrastruktur, pendidikan, kesehatan, bahkan prestasi diberbagai ajang olahraga. Adakah selama ini sebenarnya yang salah dengan kita, sehingga sulit bagi kita untuk bersaing dengan mereka? Alasan yang paling mungkin adalah karena kita memiliki tingkat percaya diri yang kurang, persepsi yang tidak benar  menganggap orang luar selalu lebih baik atas segalanya membuat kita terlalu khawatir untuk bersaing.

Sebagai bangsa yang besar kita memiliki energi yang besar, energi yang dapat membakar semangat mengangkat merah putih setinggi-tingginya di mata dunia. Kita harus kuat berani berdiri tegap menunjukkan kebanggan, suksesnya Asian Games 2018 merupakan momentum untuk itu semua. Dengan jumlah penduduk yang besar kita memiliki kemampuan untuk dukung bersama menyukseskan pagelaran akbar ini. Kita tahu bahwa meski penyelenggaraan Asian Games hanya berlangsung di dua kota di dua provinsi (Jakarta-Palembang), ada masyarakat 32 provinsi lainnya di negeri ini yang dengan sukarela dan penuh semangat dalam membantu suksesnya pagelaran Asian Games 2018, salah satunya dari Provinsi Sulawesi Selatan.

Oh iya sebelum saya membahas lebih jauh, berikut hal-hal yang perlu diketahui mengenai Asian Games 2018.


Dukung Bersama Asian Games dari Daerahku

Makassar ibukota provinsi Sulawesi Selatan, menjadi salah satu yang antusias dalam pagelaran Pesta Olahraga Asian Games 2018, nuansa Asian Games juga terasa disini. Komite Olimpiade Indonesia malah sempat menyelenggarakan karnaval Asian Games beberapa waktu yang lalu di Anjungan Pantai Losari Makassar. Dalam acara tersebut dilakukan pengibaran 45 bendera peserta Asian Games 2018 dan disertai Tarian Paduppa yang merupakan tarian tradisional masyarakat Sulawesi Selatan. Besarnya animo warga Makassar untuk mengikuti kegiatan ini menunjukkan besarnya antusiasme masyarakat untuk dukung bersama Asian Games 2018.

Sumber gambar: Merdeka.com

Sebagai sebuah pesta olahraga, dukungan atlit juga dibutuhkan untuk memberi sumbangsih prestasi, ada sekitar 23 atlit Sulawesi Selatan yang dikirim ke pelatnas guna persiapan Asian Games. Ke-23 atlit ini tersebar di beberapa cabang olahraga diantaranya dayung dan karate. Meski tak banyak tapi inilah wujud Asian Games Indonesia yang sesungguhnya, dimana daerah berperan dukung bersama agar sukses sebagai tuan rumah dan begitu pula prestasi.


Saya sendiri merasakan antusiasme Asian Games 2018 telah meluas hingga Makassar, baliho ataupun spanduk bernuansa Asian Games baik yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah ataupun swasta terpampang di banyak sudut kota Makassar. Ini merupakan hal yang jarang terjadi, dimana untuk satu pagelaran olahraga mempengaruhi desain baliho atau spanduk himbauan pemerintah atau pejabat daerah yang didesain bercorak asian games 2018.

Dokumentasi Pribadi

Selain di Makassar, di kabupaten Tanah Toraja yang juga merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu diadakan acara lepas balon ke udara oleh Kajari Toraja hal ini dilakukan sebagai bentuk dukung bersama Asian Games 2018 dengan harapan agar Asian Games ini dapat berjalan dengan sukses. Hal yang tentu saja sama-sama kita inginkan. Jadi bagaimana? Makin semangat menyambut Asian Games bukan? Saya yakin daerah sobat disini juga punya ceritanya masing-masing. Ayo kita dukung bersama Asian Games 2018 Indonesia yang akan berlangsung sebentar lagi.

Sumber gambar: www.transparansiindonesia.com

Asian Games 2018 sebagai Momentum Kebangkitan Nasional

Saat pertama kali kita menjadi Tuan Rumah Asian Games lebih dari setengah abad yang lalu, saat itu kita bangkit memperkenalkan republik yang masih muda kepada dunia, melalui Asian Games saat itu kita menumbuhkan semangat kesejajaran dengan bangsa lain meski berabad-abad menjadi bangsa yang terjajah. Semangat itulah yang hari ini kita butuhkan untuk sekali lagi menumbuhkan kepercayadirian sebagai bangsa yang besar, mengejar ketertinggalan bahkan melampaui negara lainnya. Apabila anda bertanya "apakah mungkin?" jawabannya pasti bisa.

Ada satu hal menarik saat pagelaran Asian Games pertama kali di Jakarta, presiden kita Soekarno saat itu dalam pidatonya menegaskan bahwa Asian Games bukan hanya sebatas pertandingan olahraga, tetapi juga mengusung harga diri bangsa. Karena seyogyanya pagelaran seperti ini dapat menjadi medium membentuk karakter bangsa. Olehnya pesta olahraga Asian Games 2018 ini hendaknya menjadi momentum kita untuk bangkit menggelorakan semangat dan menunjukkan kemampuan kita sebagai bangsa yang besar.

Sebagai penutup, sebagaimana matahari bersinar dengan begitu terangnya tentu ada energi yang besar yang terus menerus membakar nyalanya. Ini sama halnya bila kita ingin terus bersinar, maka semangatlah yang membuatnya bertahan. So lets show to the world that we are as bright as the sun.





Comments
16 Comments

16 comments:

  1. Semoga dengan Asean Games ini mampu menumbuhkan gelora semangat berkarya anak bangsa sbgai wujud kebanggaan terhadap tanah air, semoga Atlit yg berlaga disana mampu memberikan prestasi terbaiknya. Thanks u/ blog nya ulasan dan analisinya keren mengingatkan kembali kpd anak bangsa u/ trus semangat berkarya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bner bgt mba mar, semoga dengan asian games ini akan menjadi momentum tuk menggali potensi yang anak bangsa miliki.

      Delete
  2. Saya sendiri yakin bahwa Indonesia memiliki anak bangsa yang berbakat dan pantas untuk bersinar salah satunya di Asean Games. Cerita blog ini yang menunjukkan semangat dari warga Makassar untuk menyambut Asean Games patut dicontoh nih sama daerah lain. Kita bisa merdeka karena semua rakyat bersatu, tentu Atlet Indonesia bisa menjadi The Best di Asean Games berkat support penuh dari seluruh warga Indonesia. Semangat Atlet terbaik Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Maju terus Indonesia! Salam Olahraga! Woyoo

    ReplyDelete
  4. Keren banget semangatnya! Ayo semarakkan momentum kebangkitan olahraga nasional dengan dukung bersama Asian Games 2018.
    Indonesia Bisa! Indonesia Juara!

    ReplyDelete
  5. yeaah... mantap pak boss, tulisan ttg peran anak muda daerah dan olahraga.. full of energy. Indonesia Bangkit !! Asean games 2018 for our triumph !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat, Indonesia bisa ✊🏻✊🏻✊🏻

      Delete
  6. Amazing👍 Semangat Indonesia, semangat juga buat authornya. Semarakkan asean games 2018✊ di tunggu tulisan yg lainnya😊

    ReplyDelete
  7. Sebagai mahasiswa asal lampung, saya turut bangga karena Indonesia terpilih mengadakan event bergengsi setingkat dibawah olimpiade. Semoga dengan asian games 2018 turut memperkenalkan produk dan budaya asli indonesia ke dunia luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya berharap di opening ceremony nanti budaya kita dpt kita perkenalkan dengan begitu apik kepada dunia..

      Delete
  8. Seperti yang kita ketahui ajang games terkhusus asean game sangat klasik, disamping merupakan ajang terbesar di asia juga di samping itu merupakan performa menunjukan bahwa indonesia itu luar biasa... semngat indonesi
    #Indonesia....engkau di dadaku, tersimpan dihatiku dan mengalir dalam darahku... Jaya Indonesia..

    ReplyDelete
  9. waaah kerrreen......!
    udah lama nggak mampir kesini ternyata makin kece aja nih blognya, mantap bro, berkat tulisan ini ane jadi semakin bersemangat menyambut Asian GAmes.
    semoga kita bisa reunian yak,

    salam blogger dan salam hoki

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan