• [Terbaru] Menuju Titik Tertinggi Pulau Jawa (Part 1): Ide Gila Modal Nekat Klik Disini

Sunday 10 February 2019

Inilah Laptop Premium Paling Ringkas di Dunia



Dulu pertama kali tahu tentang ASUS ketika mengawali kuliah strata satu, itu mungkin hampir 10 tahun yang lalu. Saat itu, saya mengenal ASUS sebagai sebuah brand teknologi pendatang baru yang menawarkan produk-produk teknologi terbaru, termasuk salah satunya laptop. Setiap kali saya menemani teman-teman saya mencari laptop yang akan mereka gunakan buat keperluan kuliah waktu itu, produk ASUS seringkali yang banyak direkomendasikan untuk digunakan. Ini karena  banyaknya testimoni pengguna yang begitu puas dengan produk teknologi buatan ASUS.

Jodoh saya dengan ASUSpun mulai ketika laptop yang saya pakai mengalami kerusakan sehingga perlu diganti. Produk laptop ASUS menjadi pilihan saya, karena pilihannya ada banyak sehingga mudah mencari yang mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan budget. Yang paling saya senangi dari laptop keluaran ASUS adalah desain-desainnya yang memukau dan kualitasnya yang memang telah teruji. Selain itu service centernyapun juga tersedia di banyak kota, sehingga tidak perlu khawatir apabila ada masalah dengan laptop ASUS yang kita miliki dikemudian hari.

Saya dan banyak teman-teman saya yang juga pengguna ASUS memiliki geng sendiri untuk kami para pengguna ASUS, disebutnya Komando Pasukan ASUS (Kopasus). Tujuannya hanyalah sebagai identitas saja bagi sesama pengguna ASUS. Meski terkadang ini membuat kami begitu kompak membully teman kami yang lain yang masih belum menggunakan ASUS :D. Laptop ASUS yang saya miliki saat ini, adalah yang banyak membantu saya baik untuk mendukung aktifitas sehari-hari, termasuk salah satunya untuk ngeblog.


Launching ASUS ZenBook 13/14/15

Beberapa waktu lalu, saya mendapatkan undangan dari ASUS Indonesia untuk menghadiri peluncuran produk laptop terbaru keluaran ASUS, yakni ZenBook 13/14/15. ASUS memang paling rajin mengundang rekan media untuk menghadiri peluncuran produk-produk terbaru mereka, termasuk salah satunya untuk kalangan blogger. Sebagai seorang pengguna ASUS, kesempatan yang langka ini tentu tidak saya sia-siakan. Ini juga merupakan pertama kalinya saya mendapat undangan dari ASUS, suatu hal yang telah lama saya nantikan.

Sebelum ini sebenarnya saya telah seringkali mendaftar untuk ikut di acara launching ASUS, terakhir pada launching seri Zenfone terbaru. Waktu itu saya dan beberapa rekan-rekan blogger lainnya bersama-sama mendaftar sebagai peserta, namun hanya saya yang tidak mendapat undangan :'). 


Peluncuran produk ASUS kali ini berlangsung di Ballroom Pullman Hotel, Central Park, Jakarta. Hampir tiap peluncuran produk teknologi ASUS memang selalu diselenggarakan di tempat ini. Bagi blogger, acara seperti ini selain bisa mendapat pengetahuan baru juga jadi ajang kopdar bagi para blogger.


Saat tiba di Pullman, saya kemudian mengambil ID Card yang telah disiapkan oleh panitia bersama nomor undian doorprize, yang salah satu hadiahnya adalah ZenBook yang akan dilaunching. DI lokasi saat saya datang masih begitu sepi, hanya ada panitia, pihak ASUS yang bolak-balik menyiapkan segala sesuatu sebelum acara launching, dan seorang blogger lainnya yang kemudian saya kenal bernama Mba Ninin. Mba Ninin inilah yang bisa dikatakan menjadi peserta pertama yang datang ke lokasi waktu itu, yang akhirnya berbuah manis dengan menangnya Mba Ninin meraih doorprize ZenBook dari ASUS. Sekali lagi, selamat ya Mba Ninin, semoga makin produktif dan kreatif dengan ZenBook barunya. :D

Saat peserta launching (rekan media, youtuber, blogger) sudah mulai ramai berdatangan. Kami kemudian diajak untuk santap siang dengan berbagai menu masakan yang telah disediakan oleh penyelenggara. Saat masih asik mengunyah, saya kemudian bertemu dengan dua rekan blogger sesama peserta Writingthon Asian Games 2018 yang lalu, Bang Firman dan Mas Bai, waktu itu Bang Firman mewakili Provinsi Banten, Mas Bai mewakili Provinsi Aceh, dan saya sendiri mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. Nah disaat bersamaan, saya juga bertemu dengan Teh Evrina, rekan sesama blogger yang telah sangat akrab di sosial media, namun baru ketemu untuk pertama kalinya di hari itu. :D


Menjelang pukul 2 siang, saat launching akan segera dimulai para peserta kemudian diajak untuk memasuki ruangan untuk kemudian menyaksikan launching ZenBook keluaran terbaru dari ASUS. Sudah puas makan, kemudian silaturahmi dengan blogger-blogger lain, inilah saatnya untuk menyaksikan launching ZenBook terbaru dari ASUS.


Produk baru yang dilaunching ASUS pada acara peluncuran ini bisa dibilang merupakan sebuah mahakarya dari ASUS. Dimana ASUS memperkenalkan seri ZenBook terbaru mereka, yaitu ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533 yang merupakan ultrabook premium dengan desain frameless Nanoedge Display yang menghadirkan bezel ultra-tipis, serta desain super ringkas. Secara sederhana bisa dikatakan, inilah laptop premium paling ringkas yang ada di dunia saat ini.







Jimmy Lin, Regional Director ASUS Southeast Asia mengatakan, Lini ZenBook terbaru kali ini bukan hanya sekedar canggih, tetapi juga sangat elegan berkat bezel-nya yang sangat tipis, beliau melanjutkan, dengan screen-to-boy-ratio mencapai 95%, laptop ini mampu menghadirkan pengalaman visual tanpa batas dan belum pernah ada sebelumnya, ini merupakan standar baru untuk perangkat ultraportable.


Dibenamkannya teknologi NanoEdge Display pada seri ZenBook terbaru ini menghasilkan tampilan visual yang belum pernah ada sebelumnya. Yang mana dengan resolusi tinggi teknologi NanoEdge Display mampu menghadirkan pengalaman visual yang lebih immersive dengan distraksi visual lebih minim, begitu pas untuk ZenBook yang menyasar penggunaaan di bidang kreatif dan hiburan. Inilah sebuah karya terbaik dari pengalaman 30 tahun ASUS mengembangkan teknologi.


Guna melengkapi keindahan dari layarnya yang inovatif, pada seri ZenBook ini pula dibuat dengan desain bodynya yang elegan layaknya pendahulunya yang menggunakan konsep Zen dengan spun-metal finish di bagian belakang layarnya.


Untuk pilihan warnanya sendiri, tersedia Royal Blue yang memberikan kesan mewah dan premium, dan warna Icicle Silver yang memberikan nuansa unik dan elegan. Selain itu, pilihan warna Burgundy Red juga akan hadir pada ZenBook 13 UX333FN.


Sama seperti seri ZenBook lainnya, kenyamanan penggunaan merupakan salah satu prioritas ASUS. Kali ini, seri ZenBook terbaru hadir dengan fitur Ergolift Design yang akan mengangkat bodi laptop dan membentuk sudut 3 derajat ketika digunakan. Sudut tersebut dapat meningkatkan kenyamanan saat mengetik sekaligus meningkatkan performa audio serta pendinginan.



Seri ZenBook ini sendiri dirancang sebagai perangkat penunjang produktifitas on-the-go, dimana untuk ZenBook 13 dan 14 diberikan fitur eksklusif ASUS NumberPad. Fitur ini merupakan pengganti tombol numpad fisik yang tidak bisa dihadirkan di laptop berukuran kecil. Jadi dengan hanya menekan ikon di ujung touchpad, NumberPad akan muncul lewat lampu LED yang sudah terintegrasi dangan touchpad.

Numpad sendiri berguna bagi pengguna yang sering memanfaatkan tombol numpad untuk memasukkan data ataupun melakukan perhitungan lewat aplikasi kalkulator. Sementara untuk Zenbook 15, ASUS tetap menghadirkan tombol numpad fisik karena dimensi laptop ini yang cukup besar untuk menampung tombol tersebut.


Kelebihan lainnya lagi, semua model seri ZenBook terbaru kali ini dilengkapi dengan HD Infrared (IR) camera yang memiliki kemampuan untuk memindai wajah bahkan dalam kondisi gelap. Penggunaan kamera canggih ini memungkinkan proses pemindaian wajah untuk login menggunakan Windows Hello menjadi sangat cepat. Tidak seperti laptop lain yang memposisikan kameranya di bawah layar agar bezel bagian atasnya tetap tipis, seri ZenBook terbaru kali ini tetap hadir dengan kamera yang diposisikan berada diatas.


Kemudian, sebuah laptop yang dirancang untuk para pekerja mobile tentu saja wajib memiliki fitur konektifitas yang sangat baik. Olehnya, seri ZenBook terbaru kali ini tetap tampil dengan USB 3.1 Type-A sehingga penggunanya tetap bisa menghubungkan berbagai perangkat yang dibutuhkan. Untuk perangkat modern, ASUS menyediakan port USB 3.1 Gen 2 Type-C yang memiliki kecepatan transfer data hingga 10Gbps. Sebagai tambahan, port HDMI, combo audiojack, dan pembaca kartu Micro SD ikut dihadirkan dijajaran laptop Zenbook terbaru ini.


Suatu hal yang mungkin teman-teman bertanya adalah bagaimana dengan performanya. Untuk ZenBook ini sendiri ditenagai oleh prosesor Intel Core generasi ke-8 serta didukung oleh GPU NVIDIA GeForce untuk performa komputasi dan grafis terbaik dikelasnya. Opsi GPU NVIDIA GeForce MX150 tersedia untuk ZenBook 13 dan 14, sedangkan ZenBook 15 ditenagai oleh GPU yang lebih kencang lagi yaitu NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q.

Selain itu, semua model ZenBook terbaru kali ini juga sudah menggunakan NVMe PCIe SSD berperforma tinggi dengan kapasitas hingga 512GB, serta dilengkapi dengan RAM hingga 16GB. Semua spesifikasi tersebut membuat lini ZenBook terbaru ini sangat ideal digunakan sebagai laptop sehari-hari yang serbaguna, baik itu untuk bekerja, menikmati hiburan, membuat konten, hingga bermain game kasual.


Kemudian, bagi pengguna yang memiliki mobiltas yang tinggi tidak perlu khawatir mengenai ketahanan baterai dari ZenBook ini. Karena lini ZenBook ini mampu bertahan 14 jam untuk seri ZenBook 13 dan 14, serta 16 Jam untuk seri ZenBook 15. Ini untuk memastikan pengguna dapat beraktifitas seharian tanpa perlu mengisi daya baterai.


Kelebihan lainnya, sebagai laptop yang bisa menemani berbagai kegiatan penggunanya. Semua model ZenBook terbaru ini dilengkapi dengan gigabit-class WIFI serta ASUS Wifi Master Technology untuk memastikan jajaran laptop ini selalu memiliki koneksi jaringan yang stabil. Sebagai tambahan, Bluetooth 5.0 memungkinkan ZenBook terbaru ini dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat terkini.


Pada peluncuran ZenBook ini beberapa waktu lalu, saya cukup dibuat heran dengan kemampuan ZenBook ini yang tetap kokoh meski ditimpah batu yang lumayan besar. 


Ternyata seri ZenBook terbaru ini sendiri sudah mengantongi sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G, menandakan bahwa laptop ini memiliki durabilitas tinggi. Selain lolos standar uji ketahanan internal ASUS, jajaran laptop terbaru ini juga lolos berbagai pengujian ekstrem termasuk pengujian pada ketinggian dan kelembapan ekstrem. Olehnya ZenBook ini dapat dikatakan merupakan laptop ultra-tangguh sekaligus ultra-portabel yang sangat tepat untuk para profesional on-the-go.


Untuk spesifikasi lengkap mengenai ZenBook 13/14/15 adalah sebagai berikut:



Sebenarnya sejak pertama kali diperkenalkan, ZenBook merupakan seri laptop yang tidak hanya mengedepankan performa dan fitur, melainkan juga estetika. Untuk itulah pada peluncuran seri ZenBook ini, ASUS berkolaborasi dengan desainer fashion ternama Sebastian Gunawan yang menghadirkan tas eksklusif ZenBook. Tas tersebut tersedia secara terbatas untuk pembeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 UX433, dan ZenBook 15 UX533.


Kolaborasi ZenBook dengan Sebastian Gunawan sendiri untuk menciptakan banyak karya yang berkelas, yang mana ini sejalan dengan ZenBook yang memang dirancang khusus untuk para profesional dengan performa powerfull, serta memiliki desain yang sangat estetik.


Oh iya, bagi para pembeli berkesempatan mendapatkan tas ini secara cuma-cuma selama periode 17 Januari - 17 Februari 2019, selama persediaan masih ada, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Khusus pembelian periode 17 Januari 2019 – 17 Februari 2019;
  2. Promo ini hanya berlaku untuk pembelian tipe Zenbook UX333, UX433 dan UX533;
  3. Untuk mendapatkan limited edition Sebastian Gunawan Laptop bag ini setelah pembelian, pembeli wajib untuk mendaftarkan Nomor Seri (Serial Number) dari laptop yang dibeli beserta invoice pembelian untuk divalidasi;
  4. ASUS akan melakukan validasi Nomor seri yang didaftarkan;
  5. Promo ini hanya akan berlangsung selama persediaan Sebastian Gunawan Laptop bag masih ada karena quantity terbatas;
  6. ASUS akan mengirimkan Sebastian Gunawan Laptop bag mulai tanggal 28 Februari 2019.
Selain itu, pembeli juga bisa mendapatkan tas eksklusif ini secara langsung (selama persediaan masih ada) jika membeli ZenBook 13 UX333, ZenBook 14 433, atau ZenBook 15 UX533 pada periode promosi di ASUS Exclusive Store. Berikut adalah daftar ASUS Exclusive Store di seluruh Indonesia:


Lalu kalau ada dari anda menanyakan mengenai harganya, berikut adalah rinciannya:



Akhir kata terima kasih telah membaca artikel saya tentang ASUS ZenBook 13/14/15 ini, semoga dengan bergantinya tahun, saya dan teman-teman semua bisa move on ke laptop yang baru :D. Untuk berbagai informasi lain mengenai ZenBook ini dan juga berbagai produk ASUS lainnya, teman-teman bisa mengunjungi website resmi asus disini. Semoga tahun baru 2019 ini kita bisa terus berkarya, unleash our creative vision with ZenBook 13/14/15.

Terima Kasih




Referensi:
Press Release ASUS ZenBook 13/14/15

www.asus.com
www.travelerien.com
www.bloggerien.com




Comments
18 Comments

18 comments:

  1. postingan yang menarik. jadi pengen sama leppy ini ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo2 beli mas zain. keren bgt ini laptopnya...

      Delete
  2. baca ini langsung teringat waktu dlu sempat 'underestimate' sm merk ini .. eh pas dapet hadiah laptop ini buat kuliah, seketika jatuh cinta �� .. terima kasih asus, terima kasih tulisannya kak,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, malah buat kita jadi fans dan fanatik.. keren mmg ini ASUS. :D

      Delete
  3. Asus emang numero uno urusan ginian, mantaaap infonya perfecto wiin

    ReplyDelete
  4. Cocok buat diajak bertualang, terlebih buat jurnalis seperti saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya apalagi ini laptopnya tahan banting juga... aman kalau dibawa kemana2.

      Delete
  5. Baca ini langsung ingin beli saham di Asus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. serius? banyak duit ini kayaknya...

      Delete
  6. ini laptop, dengan teknologi nano terbaru.. tipis-tipis canggih, harga murah banget... top dah

    ReplyDelete
  7. njirrr laptop zenbook ini emang selalu sukses bikin saya ngiler. smoga tahun ini bisa punya. aamiin aamiin aamiin...!
    eh btw pipinya sekarang udah punya lemak yak wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Semoga 2019 kesampaian pakai ZenBook ini yak. Aamiin

      Delete
  8. Aamiin. Semangat terus berkarya!

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan