• [Terbaru] Menuju Titik Tertinggi Pulau Jawa (Part 1): Ide Gila Modal Nekat Klik Disini

Friday 4 January 2019

Saatnya Melek Teknologi dengan Androbuntu.com



Saya ingat saat memulai ngeblog delapan tahun yang lalu, itu kira-kira sekitar tahun 2010. Itu masa-masa dimana sebenarnya saya juga untuk pertama kalinya terpapar teknologi Internet. Internet di jaman itu saya pakai untuk tiga hal, pertama sekedar searching di google, bermain friendster (sosial media yang populer saat itu), dan tentunya ngeblog. Ngeblog menjadi aktifitas favorit saya, ini karena dari situ saya bisa menuliskan berbagai hal-hal unik (aneh, alay, nyeleneh) dari saya yang bisa dibaca oleh masyarakat dunia, dimana saja dan kapan saja.

Melalui blog saya merasa bisa menyalurkan berbagai hal. Cerita keseharian, pengalaman-pengalaman saya ketika mengunjungi suatu tempat, mereview berbagai hal-hal yang menarik, bahkan bisa mendapatkan penghasilan sendiri melalui berbagai kompetisi-kompetisi yang berhasil saya menangkan. Suatu keuntungan atau keistimewaan tersendiri, akhirnya waktu itu saya berani melek teknologi, dan memulai membangun sebuah blog yang kini menjadi tempat saya menyalurkan berbagai hal bahkan menjadi hobi atau aktifitas saya dikala luang.

Ngeblog Menjadi Aktifitas Saya di Waktu Luang
Seiring berjalannya waktu dan semakin bertambah banyaknya pengguna internet, teknologipun semakin berkembang. Internet tidak lagi hanya saya gunakan untuk tiga hal tadi, melainkan berkembang menjadi suatu hal yang bisa memudahkan berbagai aktifitas keseharian saya atau masyarakat secara umum. Apalagi ini ditopang dengan pesatnya perkembangan teknologi smartphone yang mana internet menjadi pendukung utama dalam teknologi ini.

Ketika siang hari kita lapar misalnya, kita bisa hanya dengan menggunakan smartphone memesan makanan di tempat yang kita sukai. Tidak lagi perlu berangkat jauh, kita hanya tinggal stay di rumah menunggu makanan kita datang, ini semua berkat sistem transportasi yang telah bertransformasi menjadi online. Apa yang berubah dengan adanya teknologi semacam ini adalah kita menjadi lebih mudah dan pilihan makanan yang dapat kita rasakan menjadi lebih bervariasi. Hal ini secara tidak langsung juga mendukung aktifitas saya ngeblog, yang mana saya jadi bisa lebih mudah membuat suatu review atas beberapa kuliner-kuliner yang menarik untuk dicoba.


Selain itu teknologi sistem pembayaranpun yang telah bertransformasi menjadi online (cashless) membuat kita menjadi lebih mudah ketika melakukan transaksi atas suatu barang maupun jasa. Hal yang membuat saya senang dengan teknologi semacam ini adalah kita seringkali dapat penawaran bahkan potongan harga yang bisa kita gunakan ketika membeli suatu barang ataupun menggunakan suatu jasa. Ini menunjukkan sebenarnya jika kita jeli menggunakan teknologi, atau bahasanya melek teknologi ada begitu banyak keuntungan-keuntungan yang dapat kita terima atau rasakan ketimbang misalnya kita bertransaksi dengan cara-cara tradisional.

Saya ingat sempat berdiskusi dengan temanku perihal promo teknologi pembayaran online yang menurut saya murahnya berlebihan. Kata temanku, pemilik teknologi semacam ini ingin membangun sebuah kultur baru dalam bertransaksi yang mana jika nanti telah menjadi kebiasaan, akan membuat masyarakat banyak menggunakan jasa teknologi mereka, keuntungan yang diambil bisa saja sedikit dari setiap transaksi namun apabila kemudian dikali banyak karena telah menjadi kebiasaan, maka akan juga memberi keuntungan yang besar kepada mereka. Jadi sebenarnya dengan teknologi semacam ini, kita masyarakat sebagai costumer dan pemilik teknologi sebagai produsen terdapat hubungan yang saling menguntungkan.

Smartphone, Teknologi Paling Populer Saat Ini
Selain itu, saya juga begitu bersyukur atas kemajuan teknologi komunikasi yang ada saat ini. Dimanapun adanya kita, kita bisa berkomunikasi satu sama lain dengan lebih mudah dan murah. Yang menurut saya paling berkesan dengan adanya teknologi komunikasi yang semakin maju adalah saya akhirnya bisa berkomunikasi kembali dengan teman-teman saya dulu semasa saya di sekolah dasar. Ketika kami lulus tahun 1999, hampir sama sekali tidak ada komunikasi saya dengan mereka setelahnya, karena saat itu, jangankan internet, telepon selulerpun adalah barang yang langkah sekaligus mahal.

Sekarang teknologi juga banyak dipakai untuk berkreasi, membuat berbagai konten-konten menarik yang dapat dinikmati oleh orang banyak. Semakin kita melek akan teknologi, semakin banyak hal-hal kreatif yang dapat kita buat yang jika dimanfaatkan dengan baik dapat memberikan manfaat kepada kita. Orang-orang yang mulai dikenal melalui aplikasi instagram misalnya, dengan semakin dikenalnya akun mereka melalui berbagai konten-konten menarik yang mereka buat, maka semakin besar pula peluang mereka mendapatkan penghasilan melalui jasa iklan, dll. Ini secara tidak langsung sebenarnya menunjukkan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mencari penghasilan sendiri.


Oh iya, saat ini untuk menikmati berbagai kemajuan teknologi, smartphone adalah salah satu alat utama (teknologi) yang mendukung berbagai penggunaan teknologi. Hal inilah mengapa smartphone terus dikembangkan untuk menemukan berbagai inovasi-inovasi baru dalam pengembangan berbagai teknologi. Disini saya biasanya mengikuti berbagai informasi-informasi terbaru seputar teknologi di website Androbuntu.com.


Senangnya saya dengan website ini adalah tujuan dibentuknya adalah benar-benar hanya untuk memberikan berbagai informasi seputar teknologi terbaru. Jadi dalam website ini kita disuguhkan berbagai berita-berita seputar teknologi, tips trik, bahkan berbagai aplikasi dan game. Androbuntu sendiri sebenarnya terdiri atas dua kata, yakni Andro dan Buntu, Android yang ditujukan untuk smartphone dan Buntu dari kata Ubuntu yang ditujukan untuk Komputer. Yang mana dengan kata lain memberikan berbagai informasi seputar Smartphone dan Komputer.

Sebenarnya cepatnya perkembangan teknologi perlu diimbangi dengan pemahaman kita sebagai pengguna, dengan kita memahami bagaimana sebaiknya sebuah teknologi digunakan, kita menjadi tidak terlihat gaptek ketika bersentuhan dengan berbagai teknologi-teknologi baru ini. 

Kenalnya saya dengan Androbuntu berawal dari post instagram Androbuntu, waktu itu Akun Instagram Androbuntu memposting perihal sebuah tips membuat sebuah video intro. Hanya dengan bantuan aplikasi sederahana di Google Play, kita ternyata bisa membuat sebuah video intro yang keren sekaligus menarik. Hal-hal yang sama sekali sebenarnya belum pernah saya ketahui ada aplikasi semacam ini di google play.


Selain itu kelebihan yang dimiliki website ini selain lengkap juga sangat update terhadap berbagai informasi. Bahkan ketika kita bingung misalnya saat ingin membeli sebuah smartphone mana yang terbaik bagi kita dengan budget yang sesuai dengan kita, di Androbuntu telah tersedia berbagai informasi yang membandingkan berbagai jenis smartphone dan kelebihan dan kekurangannya.

Di Androbuntu juga ditawarkan berbagai informasi terkait solusi berbagai persoalan-persoalan yang mungkin sering kita hadapi dengan smartphone ataupun komputer kita. Ketika misalnya ada sebuah aplikasi yang error ketika dibuka, atau misalnya berbagai persoalan-persoalan lain. Di Androbuntu kita akan diberikan informasi secara lengkap dan lebih jelas mengenai bagaimana cara step by step agar persoalan tersebut dapat kita perbaiki. Hal-hal yang hanya kita bisa ketahui dengan banyak membaca, dan salah satu tempat terbaiknya ya di Androbuntu ini.

Namun kekurangan yang menurut saya dari website ini adalah belum begitu populer di kalangan pengguna gadget maupun komputer sehingga saran saya perlu lebih dipopulerkan lagi sehingga para user android maupun komputer dapat menjadikannya tujuan utama ketika mencari tahu berbagai hal-hal menarik seputar teknologi. Dulu juga bila bukan karena instagram, mungkin saya tidak pernah mengetahui ada website semenarik dan seinformatif Androbuntu ini.


Akhir kata, terima kasih telah membaca artikel saya ini semoga kedepannya ada berbagai hal lainnya yang bisa saya ceritakan dan review kembali. Selamat tahun baru buat teman-teman semua, semoga tahun ini kita bisa menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. Dan semoga apa yang kita cita-citakan, semua bisa kita capai di tahun ini. Tetap semangat dan see u soon.







Comments
7 Comments

7 comments:

  1. Dapat ilmu baru lagi nih mantaaaap infonya

    ReplyDelete
  2. Makasih kak darwin infonya nambah wawasn jadi penasaran sama web n ig nya

    ReplyDelete
  3. Bagi orang-orang yang pecinta dunia gadget dan IT pastinya seneng banget baca situs2 seperti Androbuntu.com ini ya Mas. Kereeenn... Pada dasarnya kita semua memang harus melek teknologi sih, bukan hanya Maniak gadget dan IT aja ya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas bner bgt.. teknologi kan berkembangnya cpat, jd kita juga sebagai pengguna seharusnya bisa menyesuaikan.

      Delete
  4. sory bro baru nyampe sekarang ke blog ini, abis macet sih kmaren
    :D :D :D btw keren banget nih web tuk nambah nambah info. nais share brooo

    ReplyDelete

Orang baik meninggalkan pesan