• [Terbaru] Pengalaman Mengurus Paspor Beda Domisili Klik Disini

Monday, 23 November 2015

Zenfone 2 Laser, Smartphone Berkamera Hebat dengan Laser Auto Fokus



Bila sobat membeli sebuah smartphone, kriteria-kriteria apa saja yang biasanya menjadi rujukan sebelum memutuskan menjatuhkan pilihan? Apakah dari mereknya? Kameranya? Harganya? atau bahkan ketiga-tiganya? Kalau saya sendiri sih pilih ketiga-tiganya. Tiga hal yang memang utama dimiliki oleh smartphone.

Merek menjadi salah satu kriteria utama bagi saya karena biasanya merek-merek yang terkenal atau telah lama ada, lebih bisa dipercaya karena kualitas produknya yang membuat mereka terus eksis. Kamera juga menjadi kriteria selanjutnya karena kamera akan secara langsung mendukung aktifitas kita yang senang dengan fotografi atau mereka yang senang selfie. Selain itu, kriteria harga juga merupakan hal penting lainnya karena tidak banyak smartphone berkualitas yang harganya ramah dikantong.

Namun walau demikian pernahkah sobat berada dalam situasi yang begitu galau, karna ada smartphone yang meski mereknya sudah dikenal dan terpercaya, kualitas kameranya juga bagus, sayangnya harganya yang tidak bersahabat? Atau mereknya terpercaya, harganya yang ramah dikantong, tapi malah kualitas kameranya lagi yang mengecewakan? Kalau sobat pernah mengalami hal seperti ini, berarti informasi di artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Source: droidlime.com
ASUS salah satu pabrikan teknologi yang begitu sukses dengan smartphone Zenfone, menyelenggarakan Zen Festival 2015 yang berlangsung 19-23 November 2015 di Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta. Alasan mengapa saya menginformasikan kegiatan ini kepada anda adalah karena Pada acara ini ternyata ASUS mengenalkan beberapa produk-produk terbaru ASUS yang siap menjawab permasalahan kita.

Ada ASUS ZenFone Max, ASUS ZenFone 2 Selfie, ASUSZenFone 2 Deluxe (Special Edition) dan ASUS ZenFone 2 Laser. Dari produk-produk terbaru ASUS ini saya tertarik dengan seri Zenfone 2 terbaru, yang dinamakan Zenfone 2 Laser. Hmm... Saya agak heran mengapa dinamakan Zenfone 2 Laser? Apakah teknologi laser kini juga tersemat dalam sebuah smartphone? Ternyata iya, ASUS menyematkan teknologi laser pada kamera ASUS Zenfone 2 ini untuk menghasilkan kualitas gambar yang fokus atau profesional. Kreatif banget ya...

Untuk tiga kriteria utama dalam memilih smartphone, ASUS Zenfone 2 Laser ini bisa dibilang memiliki semuanya. ASUS sendiri telah lama dirpercaya sebagai penghasil smartphone berkualitas tinggi namun tetap memiliki produk smartphone yang dibanderol dengan harga yang ramah dikantong, Kualitas kameranya sendiri tidak perlu diragukan lagi karena teknologi-teknologi yang dibenamkan senantiasa yang paling mutakhir yang dimiliki ASUS.

ASUS Zenfone 2 Laser ini sendiri memiliki empat tipe berbeda yakni ada Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KL), Zenfone 2 Laser 5.5 (ZE550KL), Zenfone 2 Laser 6.0 (ZE601KL), serta Zenfone 2 Laser 5.0 (ZE500KG). Secara umum keempat tipe Zenfone 2 Laser ini memiliki banyak kesamaan, namun hanya saja ada beberapa perbedaan-perbedaan dari besarnya ukuran layar dan besaran piksel kamera.




Spesifikasi yang diunggulkan dari seri Zenfone 2 Laser ini tentu kemampuan kameranya untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Kehebatan kamera yang dimiliki ASUS sendiri tidak lepas dari dibenamkannnya kolaborasi hardware dan software terbaik.

Untuk Kamera belakang sendiri, Zenfone 2 Laser ini dibekali kamera PixelMaster 13MP untuk tipe (ZE500KL), (ZE550KL), dan (ZE601KL) dan 8MP untuk tipe (ZE500KG) dengan apertur lensa f/2.0 yang mampu mengambil foto indah dengan resolusi tinggi tanpa shutter-lag. Sedangkan kamera depannya sendiri dibekali kamera beresolusi 5 MP.


Yang spesial dari kamera Zenfone 2 Laser tidak lain dan tidak bukan adalah teknologi laser yang dibenamkan untuk menghasilkan gambar yang fokus dan berkualitas tinggi. Laser di ZenFone 2 ini mampu mengukur jarak dalam kecepatan cahaya dan menerjemahkan fokus hanya dalam waktu 0.03 detik saja, apalagi di kondisi yang minim cahaya. Autofokus laser ini juga bisa mempercepat proses foto close up bahkan membantu pergerakan lensa saat kita memotret obyek yang lebih jauh. Gimana ga keren.


Selain Autofokus Laser yang telah disebutkan, di kamera Zenfone 2 Laser ini dibenamkan teknologi PixelMaster yang akan membantu menghasilkan gambar berkualitas tinggi namun dapat diatur sesuai dengan apa yang kita inginkan. Bila sobat bertanya apasih PixelMaster itu? Berikut dapat saya paparkan:

PixelMaster

Bagi yang telah menggunakan Zenfone, PixelMaster ini tentu tidak asing. PixelMaster sendiri merupakan teknologi yang hingga saat ini menjadi keunggulan ASUS dibanding kompetitor lainnya untuk menghasilkan gambar yang berkualitas tinggi. 



Tidak seperti teknologi sejenis dari kompetitor yang memanfaatkan piksel dengan ukuran lebih besar, ASUS menggunakan piksel terdekat untuk menangkap lebih banyak titik cahaya. Dengan menggabungkan piksel yang berdekatan serta algoritma buatan ASUS, PixelMaster berhasil meningkatkan sensitivitas cahaya hingga 400% serta kontras 200% lebih baik dibanding kamera ponsel milik kompetitor. Teknologi Pixel master ini sendiri terdiri dari beberapa fitur unggulan yakni:

1. Mode Otomatis dengan Zero Shutter Lag

Zero shutter lag berarti mengambil foto tanpa kehilangan satu momen pun. Dengan ZenFone 2 Laser, apapun yang ada di foto akan terekam secara real-time, sehingga kita bisa merekam keindahan kembang api, senyum si kecil bahkan bintang jatuh yang hanya terjadi sekedipan mata.

Menggunakan Zenfone 5 (Doc: Pribadi)

2. Mode Backlight (Super HDR)

Fitur Backlight (HDR) secara otomatis mengambil beberapa gambar dengan teknologi ASUS Pixel Enhancing. Gambar-gambar ini kemudian digabungkan untuk menghasilkan gambar HDR yang detil. Mode Super HDR ini otomatis akan menggambil banyak foto dengan pengaturan nilai eksposur yang berbeda, dan secara dinamis diatur dengan mendeteksi cahaya di sekitar obyek utama. Setelah itu, algoritma Pixel Enhancing akan membuat deteksi lokal yang memberikan jangkauan dinamis sampai 4x lebih luas dan akan membuat gambar menjadi lebih terang sampai 400%, termasuk meningkatkan kontras dan juga detil, agar foto terlihat alami.

Menggunakan Zenfone 5 (Doc: Pribadi)

3. Mode Low-Light Tanpa Tanding

Melalui kombinasi teknologi pixel-merging yang menggabungkan 4 piksel terdekat menjadi sebuah piksel baru, dan algoritma pemroses gambar canggih, mode Low Light meningkatkan sensitifitas cahaya sampai 400%. Fitur ini juga meredam noise gambar dan menambah kontras warna sampai 400% untuk foto cahaya rendah yang cerah dan jelas tanpa bantuan lampu kilat.

Menggunakan Zenfone 5 (Doc: Pribadi)

4. Mode Super Resolution

Mode Super Resolution di ZenFone 2 Laser menggunakan teknik pemroses gambar spesial (Multiframe Fusion Technology) untuk membuat foto super detil. ZenFone 2 Laser mengambil dan menggabungkan empat foto 13MP untuk membuat satu foto baru yang 4X lebih cerah. Terang atau gelap, Anda tetap bisa menikmati foto yang lebih detail dan bebas noise dengan resolusi sampai 52MP.


5. Mode Selfie Panorama

Dengan mode spesial ini, diafragma lensa f/2.0, dan sudut pandang 85-derajat milik ZenFone 2 Laser, kita bisa mengambil selfie panorama sampai 140 derajat. Foto diri dan semua teman kita dengan latar belakang pemandangan terbaik. Cukup ikuti petunjuk yang tersedia untuk memutar ZenFone 2 Laser kita dari kiri ke kanan. Selfie juga bahkan dengan lebih dari 10 orang teman bisa dilakukan dengan lebih mudah.


6. Mode Manual (DSLR dalam genggaman)

Kita dapat melakukan setiap pengaturan kamera ZenFone 2 Laser secara manual. Total ada 13 setelan dan kontrol profesional yang bisa kita atur manual.



7. Mode Beautification

Mode Beautification di ZenFone 2 Laser membuat kita atau subyek kita terlihat lebih baik dibanding saat memandangnya langsung. Biarkan ZenFone 2 Laser menyeimbangkan fitur di wajah, melembutkan dan menghilangkan noda kulit untuk menghasilkan foto tanpa yang lebih sempurna semua dilakukan realtime.





Siapa bilang smartphone berkualitas itu harus selalu mahal? Ternyata tidak juga. Di Zenfone 2 Laser ini kita dapat memiliki sebuah smartphone high end dengan harga yang ramah di kantong. Harga tentu seringkali menjadi penghalang kita untuk memiliki smartphone impian, bahkan ada beberapa smartphone yang malah dibanderol lebih mahal dari satu unit motor.


Selain kualitas kamera, lalu apa saja lagi yang membuat ASUS Zenfone 2 Laser ini setara dengan smartphone high end lainnya? Untuk itu mari kita cari tahu:

Desain

Walau secara umum, desain seri Zenfone 2 laser ini tidak begitu jauh beda dengan seri Zenfone 2 sebelumnya, namun ada beberapa bagian-bagiannya yang diubah guna memaksimalkan penggunaan dan kenyamanan. Salah satu contohnya yaitu sisi smartphone yang dibuat ultra tipis yakni hanya 3.5 mm saja. Ukuran tipis yang mengesankan ini merupakan salah satu prestasi dari rekayasa produksi ASUS loh.

Membuat sisi Zenfone 2 yang hanya 3.5 mm saja memang merupakan tantangan tersendiri karena desain komponennya juga harus dibuat lebih optimal agar dapat ditempatkan di perangkat dengan ukuran yang lebih tipis.

Sama hal dengan seri Zenfone sebelumnya, Zenfone 2 Laser juga dibenamkan desain ikonik konsentris lingkaran ASUS yang disematkan di sisi depan dan tombol belakang, untuk memberikan efek sentuhan yang unik. Efek ini sendiri dihasilkan melalui proses produksi paling presisi yang menghasilkan lingkaran dengan jarak tak lebih dari 0.13 mm.


Bagian belakang Zenfone 2 Laser ini juga sama seperti Zenfone 2 sebelumnya didesain lengkung, ergonomis dengan tombol volume dibagian tengah yang dapat memudahkan kita dalam menaik-turunkan volume ketika kita sedang melakukan atau menerima panggilan telepon.

Untuk berat smartphone sendiri untuk masing-masing tipe ternyata berbeda, untuk tipe Zenfone 2 Laser (ZE500KL) beratnya 140g, tipe (ZE550KL) beratnya 170g, tipe (ZE601KL) beratnya 190g, dan untuk tipe (ZE500KG) beratnya 145g.

Layar

Kualitas layar juga merupakan salah satu keunggulan pada seri Zenfone 2 Laser ini dibenamkannya layar IPS HD 1280x720 HD untuk tipe (ZE500KL), (ZE550KL), dan (ZE500KG) dan layar HD 1920/1080 untuk tipe (ZE601KL) yang menawarkan sudut pandang hingga 178 derajat dengan densitas piksel 294 ppi. Ini memungkinkan Zenfone 2 Laser dapat menampilkan gambar bahkan hingga yang sangat detail.


Selain itu ASUS juga membuat layar Zenfone 2 laser mampu mencapai rentang 72% dari gamut warna NTSC, sehingga kita bisa melihat lebih banyak warna. Hasil foto maupun video akan terlihat lebih cerah, jernih bahkan sangat alami, begitu beda bila dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya yang lain.

Untuk kejernihan, kecerahan serta agar mampu menerima respon sentuhan terbaik, di ZenFone 2 Laser ini oleh ASUS dibenamkan teknologi ASUS TruVivid. Apa itu ASUS TruVivid? 


ASUS TruVivid adalah teknologi yang dapat mentransformasikan desain layar konvensional 4 lapis menjadi dua lapis saja dengan laminasi penuh. Menggabungkan kaca pelindung dan panel sentuh menjadi satu untuk menghilangkan ruang udara, membuat semanya lebih dekat ke permukaan ZenFone 2 Laser dan lebih dekat ke sentuhan kita.
Untuk ketahanan layarnya sendiri, ASUS juga membenamkan layar Corning Gorilla Glass 4 yang merupakan mahakarya terkini dari Corning. Layar ZenFone 2 Laser dengan Gorilla Glass 4 ini menawarkan dua kali (2X) daya tahan kerusakan akibat jatuh dari pendahulunya, 2,5 kali peningkatan kekuatan dan 85% lebih tahan banting di penggunaan sehari-hari.


Performa

Dari segi performa ASUS membuat Zenfone 2 Laser ini memiliki keseimbangan antara performa multimedia dan efisiensi baterai. Dengan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 410 64-bit yang dibenamkan memberikan performa terbaik dengan konsumsi daya yang lebih efisien, Kita dapat mengambil foto tajam dengan lebih cepat, merekam dan menyunting video HD dengan konsumsi daya baterai yang sangat kecil.

Sama seperti smartphone-smartphone lainnya, ASUS Zenfone Laser juga memungkinkan pengguna menggunakan dual sim yang dapat aktif secara bersamaan. Selain itu juga tersedia slot micro SD Card hingga 128 GB.


Bagi anda yang seringkali berinternet ria menggunakan wifi, ASUS ZenFone Laser ini memiliki standar Wifi 802.11b/g/n, sehingga segala aktifitas nirkabel kita akan terasa lebih mulus dan cepat tanpa hambatan. Wah ini pastinya yang paling ditunggu-tunggu apalagi bagi yang suka gunakan wifi di tempat umum.

Selain itu ASUS Zenfone 2 Laser ini juga dibenamkan teknologi 4G LTE untuk tipe (ZE500KL), (ZE550KL), dan (ZE601KL) yang mana dengan teknologi ini kita dapat mendownload data bahkan hingga 150 Mbps.



Audio

Bagi anda yang senang mendengar musik, teknologi sonic master yang dibenamkan ASUS dalam audio ASUS Zenfone 2 Laser memungkinkan kita menikmati audio yang sangat jernih dan kaya. Ini merupakan sebuah hasil kerja keras dari tim ASUS Golder Ear yang memberikan suara yang paling sempurna pada setiap zen kita.

Teknologi SonicMaster pada ZenFone 2 Laser menghasilkan suara yang sangat jernih. Baik dengan headphone maupun speaker. Ruang suara pada ZenFone 2 memiliki peningkatan dalam banyak hal. ZenFone 2 memiliki ruang suara 25% lebih besar dibandingkan generasi pertama dengan konstruksi 3 magnet yang dilengkapi dengan logam koil suara berbentuk kotak agar suara yang dihasilkan lebih kuat.


Untuk menyesuaikan keluaran suara dengan kuping pengguna, ASUS Zenfone 2 Laser juga sudah dibekali dengan software Audio Wizard 2.0 dari ICEPower yang akan menyesuaikan mode suara sesuai dengan kondisi lingkungan. Audio Wizard ini menyediakan 6 buah mode yang terdiri dari smart mode, music mode, movie mode, recording mode, gaming mode dan speech mode.

Zen UI

Bagi yang sebelumnya telah menggunakan zenfone, ASUS Zen UI tentu tak asing lagi. ASUS ZenUI memiliki lebih dari 1.000 fitur yang ditingkatkan dari antarmuka standar Android. Kita akan menemukan pengalaman yang lebih cerdas dan simpel, dengan tampilan baru yang bersih sekaligus menyajikan seluruh informasi langsung ke hadapan kita. ZenUI baru terlihat lebih cerah, pintar, simpel dan lebih cantik. Ia dapat mengerti kebutuhan kita, mampu mengekspresikan ide dan perasaan kita serta tetap terkoneksi kemanapun kita pergi.


Antarmuka ZenUI juga didukung dengan hadirnya beragam fitur baru, termasuk ZenMotion dimana kita bisa masuk ke aplikasi atau pengaturan tertentu hanya dengan membentuk misalnya huruf "C" dilayar dengan jari kita, ada pula SnapView dimana kita bisa memisahkan area kerja dan pribadi guna menjaga konten personal kita agar tetap aman, ada juga TrendMicro™ Security dan ZenUI Instant Updates, yang meningkatkan penggunaan, menjamin keamanan dan privasi, serta memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan.



Bagaimana? Menarik bukan? ASUS Zenfone 2 Laser ini memang merupakan salah satu produk unggulan dari ASUS sob. Dengan spesifikasinya dan kualitas yang tinggi dan dibanderol dengan harga yang ramah dikantong, bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi anda bila ingin memiliki smartphone baru atau mengganti handphone lama anda.

Sekian dulu dari saya. Terima kasih dan semoga informasi ini bermanfaat.


Referensi dan Gambar:
www.asus.com/id

Infografis oleh Penulis




Suka dengan artikel ini? #AyoShare


Comments
10 Comments

10 comments:

  1. Zenfone ini keren banget, jadi pengen punya satu. Hikz :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba.. saya juga ngiler pengen punya satu... kapan ya asus memberi satu buat blogger seperti saya ini. *ikut sedih*

      Delete
  2. suka banget sama reviewnya, dalam tapi tetap enak dibaca.

    ReplyDelete
  3. wah, asus makin hari makin canggih ya.. saya belum pakai zenfone karna kata tmen2 cepat panas. Tapi kalau laptopnya, saya udah pakai dan benar2 memuaskan. Ntar kalau smartphone saya udah RIP, sy akn coba pakai zenfone laser ini gan.. reviewnya mantep, keren. gudluck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan zenfone ini keren banget, banyak sekali feedback yang baik dari pengguna. Teman2 sy yg ikut zen festival kemarin rata2 bilang begitu gan, asus zenfone ini recomended banget lah pokoknya. :)

      Delete
  4. reviewnya dalam, infografisnya juga keren banget, goodluck ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih mba eli. amin
      mba Ikutan juga kan lombanya? hadiahnya keren2 loh..

      Delete
  5. laser autofokusnya keren. Jadi kalau kita ambil gambar, hasilnya jadi fokus mirip2 foto profesional kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups bner banget.. itulah fungsi dari autofokus laser ini mas.
      Kameranya juga pixelnya besar, trus ada teknologi pixelmaster. gimana ga keren..

      Btw, terima kasih telah dtg berkunjung

      Delete

Orang baik meninggalkan pesan